3.18.2010

Cari Teman-Teman Anda di Facebook, Berikut Cara-Cara Efektif Untuk Mencari Berdasarkan Foto



Facebook memiliki lebih dari 3 milyar foto yang diupload di websitenya setiap bulan. Jumlah yang sangat banyak. Dan dengan semakin banyaknya pengguna Facebook dengan berbagai cara (misalnya dengan mobile phone, jumlah ini akan semakin meningkat.

Dengan jumlah gambar yang begitu besar diupload, akan cukup sulit bagi kita untuk melacak semuanya. User umumnya secara berkala meng-upload foto-foto dirinya dan men-share di Facebook. Dengan mengorganisir dan memberi tag untuk album mereka akan sangat membantu dalam aksesibility bagi teman mereka.

Menemukan gambar yang anda cari dapat sangat menyulitkan, terutama apabila anda memiliki banyak teman yang online. Di artikel berikut ini kita akan membahas bagaimana cara efektif mencari gambar di Facebook sehingga anda dapat menemukan yang anda cari.

Facebook Picture Search - Photo Tabs
Cara termudah menemukan foto teman adan yang telah diupload adalah dengan menuju ke tab Photos pada navigasi kiri layar monitor anda. Anda dapat melihat gambar dengan berbagai cara.

Individual Photos - Dengan hanya mengklik pada tab 'Photos' maka anda dapat melihat semua foto yang sudah diupload secara individual. Dibawahnya juga dapat dilihat nama album mereka, juga nama orang yang menguploadnya. Klik pada tag untuk menuju profil orang tersebut.

Recent Albums - Apabila anda mengklik pada 'Recent Albums', anda dapat lihat semua album yang baru diupload oleh teman-teman anda.

Mobile Uploads - Mengklik pada tab 'Mobile Uploads' akan menampilkan gambar yang diupload oleh mobile phone teman-teman anda.
Ini sebenarnya bukan sebuah fungsi pencarian, tetapi apabila anda benar-benar baru mengenal mengenai Facebook photo, ini dapat membantu anda. Apabila anda sudah ahli dalam pencarian, silahkan lanjutkan dengan yang dibawah ini.

Aplikasi Facebook Picture Search
Photo Finder adalah 3rd party application / aplikasi diluar Facebook yang didesain untuk membantu anda mencari teman-teman anda. Kita saat ini hanya mencari, cukup klik pada Go to Application untuk menginstall.
Aplikasi ini cukup bagus dan mudah digunakan. Anda cukup mengetikkan nama teman-teman anda dan klik 'Find Photos' dan akan menampilkan semua foto atau orang yang memiliki tag sesuai pencarian anda.

Photo Finder memiliki fitur dengan nama 'Favorite Friends' yang mana anda dapat menuliskan nama orang yang ingin tetap mengetahui perkembangannya. Setiap foto yang diupload oleh user dalam list Favorite Friends akan dapat dilihat dalam satu halaman.

Catatan: Didekat search box terdapat kotak kecil yang menyebutkan 'Notify these user'. Apabila anda  tidak ingin orang yang anda cari mengetahui bahwa anda mencarinya, sebaiknya jangan cawang box ini.

Face.com mungkin merupakan cara yang paling menarik untuk memberi tag dan cari gambar di Facebook. Aplikasi PhotoTagger yang dimilikinya menggunakan facial recognition untuk memberi tag foto.

Mungkin anda pernah mendengar Facial Recognition Software. Photo Tagger cukup akurat, dan yang perlu anda lakukan hanya mengetik sebuah nama dan anda lihat foto-foto album orang tersebut.

Saat anda klik pada album yang ingin anda beri tag, software ini menganalisa semua wajah di foto dan  membawa anda pada sebuah halaman untuk review. Apabila semua benar, anda dapat memberikan tag pada foto.

Face.com juga memiliki aplikasi Photo Finder yang mencari foto Facebook yang hilang yang mungkin belumn pernah anda lihat karena anda tidak memberikan tag. Program ini masih dalam pengembangan, namun anda dapat mendaftar undangan apabila anda ingin melakukan test program ini.

Facebook Photo Tag Search adalah prototoype yang dibuat oleh engineer Facebook. Ini adalah fitur experimental yang berfungsi untuk mencari foto berbasis tag. Cukup klik pada 'Activate Prototype' dan menuju pada Facebook Photos untuk mencobanya.

Catatan: Sejak Facebook melakukan perubahan pada layout. Photo Tag Search tidak dapat digunakan. Mereka tidak memberitahukan kapan akdan ada update aplikasinya. Anda dapat menunggu perkembangannya, karena aplikasi ini cukup bagus dan memiliki support cukup besar dari para fansnya.

18.53.00